Fery siswanto F.
Jaman sekarang ini, jaman di mana semua serba canggih, kita nggak perlu repot-repot ke salon yang maha mahal untuk sekedar membuat photo kita jadi tampak putih. Contohnya saya ini, saya nggak pernah tuh ada keinginan facial atau mengikuti perogeram pemutihan wajah (tapi menikyur pedikyur teuteup! hehehhe…). Soalnya sekarang sudah ada Adobe Photoshop. Software maha canggih untuk mengolah gambar bitmap anda menjadi lebih sempurna.
Nah, kebanyakan dari kita, mengedit wajah menjadi tampak lebih putih hanya mengandalkan brightness and contrast, atau levels (jarang kalau yang ini). Fine-fine aja sih, cuman perhatikan apa jadinya. Semuanya jadi ikut-ikutan tambah putih. Ya muka, ya rambut, ya baju, semuanya deh. Walhasil photo anda bukannya tambah putih, tapi tambah kusam alias mbulak sumur njaya. hahahah…
Nah, saya mau bagi-bagi tips nih. Kemarin sempet edit photo saya yang berkulit coklat Indonesia asli ini menjadi lebih putih. Aku bereksperimen dengan tool-tool yang ada di photoshop. Oke langsung ikuti langkah-langkah di bawah ya. Bismillah…
1. SIAPKAN PHOTO ANDA

foto kamera VGA yang kusam dan gelap
Saya memakai foto yang jelek. Berasal dari jepretan kamera VGA (vijiei, bahasa inggrisnya diucapkan yang benar yah! xixixix). Fotonya kusam gelap dan pecah dan ada spot alias bintik bintik noise nya. Tapi memang itu yang sedang kita sempurnakan.
2. ATUR BRIGHTNESS/CONTRASTNYA
Langkah selanjutnya adalah mengatur brightness dan contrastnya. Ada di Image > Adjustments > Brightness/contrast.
Untuk contoh foto di atas, saya menggeret brightnessnya menjadi 130. Soalnya aku kepingin photoku putih banget kulitnya, heheh.. Kalau untuk kalian terserah mau disetting berapa yang menurut kalian bagus.
mengatur brightess/contrast
Kalau hanya menggeser brightness saja, foto sampeyan akan lebih terang (lebih putih) secara merata. Sampai garis garis wajah yang mustinya lebih gelap, ikut-ikutan terang. Untuk itu contrastnya harus dikurangi. Saya menguranginya menjadi -50.
3. KUNCI RAHASIANYA: SELECTIVE COLOR
Nah, inilah sebenarnya kunci supaya gambar yang kita terangkan menjadi alami. Yaitu Selective Color. Ada di Image > Adjustments > Selective Color
Perhatikan gambar anda yang telah kena perlakuan brightness/contrast. Rambutnya akan terkena dampaknya juga. Yaitu akan ikut-ikutan lebih terang. Padahal namanya rambut itu khan independent, masa kulit memutih, rambut ikut-ikutan putih, khan ya enggak to..
Nah bagaimana menghitamkannya? Ya dengan Selective Color tadi. Saya yakin 100 persen sampeyan jarang mengotak-atik tool photoshop yang ini. Iya khan???
Nah, setelah anda munculkan Selective Color. Pilih Pada opsi Colors: Neutrals. Lalu geser pada warna Black menjadi 60 atau sesuai dengan kebutuhan. Geser sampai rambut anda benar-benar hitam sesuai kebutuhan.
mengatur selective color
Perhatikan perubahannya. Garis-garis wajah, rambut, akan menggelapkan diri. Dan semakin sempurnalah photo kita.
4. TAMBAHAN: SURFACE BLUR atau SMART BLUR
Untuk Photoshop CS4 saya namanya Surface Blur. Untuk versi sebelumnya namanya Smart Blur (photoshop 7). Nah, ini hanya tambahan. Sebenarnya langkah-langkah pemutihan wajah bisa berhenti di langkah 3. Tetapi karena photo saya sangat banyak noisenya, maka saya pun musti mengatasinya biar nggak ngisin-ngisini, hihihi..
Nah, Surface Blur/Smart Blur itu ada di Filter > Blur > Surface Blur/Smart Blur. Geser-geser angkanya seperti gambar di bawah ini.:
mengatur surface blur atau smart blur
Untuk contoh gambar di atas, saya mengaturnya menjadi: Radius = 2 pixels; Threshold = 30 levels. Atau sampeyan bisa mengatur sendiri sesuai kebutuhan sampai noise atau gangguan bintik-bintiknya melebur jadi satu.
SELESAI
Dan… inilah hasilnya… Kulit anda yang gelap dan kusam sekarang berubah menjadi putih alami menyegarkan. Bandingkan dengan photo bertama di atas… hohohoho…
Memutihkan Wajah telah berhasil!

2 comments: